Resume 1 : Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

Permintaan adalah sejumlah barang atau jasa yang dibeli atau diminta pada tingkat harga tertentu.
Hukum permintaan berbunyi: apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan.Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya.
Semua terjadi karena semua ingin mencari kepuasan (keuntungan) sebesar-besarnya dari harga yang ada. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli sedikit karena keterbatasan dalam uangnya, namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar keuntungan yang didapat semakin besar. Harga yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen/pembeli akan mencari produk lain yang lebih murah atau terjangkau harganya sebagai pengganti barang yang harganya mahal.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan :
1. Pendapatan Konsumen
2. Harga barang substitusi dan komplementer
3. Selera konsumen
4. Jumlah penduduk
5. Perkiraan harga ke depan

Penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang dijual atau ditawarkan pada tingkat harga dan waktu tertentu. Hukum penawaran berbunyi: bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Jika harga semakin rendah atau murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran :
1. Biaya produksi
2. Kemampuan perusahaan berproduksi
3. Harapan perusahaan
4. Ketersediaan sumber produksi
5. Jumlah barang yang diminta konsumen

Kelompok ini juga membahas sebuah kasus mengenai kenaikan harga BBM yang mengalami kenaikan cukup signifikan sehingga membuat harga bahan pokok pun ikut melambung.
Kesimpulan dari presentasi kelompok ini ialah : banyak faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, tapi faktor yang sangat utama ialah harga. Karena harga sangat berpengaruh dalam permintaan dan penawaran suatu barang. Begitu juga dengan kenaikan harga BBM yang akan berpengaruh kepada harga bahan pokok.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar