Resume 4 : Struktur pasar

ada beberapa jenis struktur pasar, diantaranya adalah :


1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang ditandai dengan banyaknya jumlah pembeli dan banyaknya jumlah penjual.

2. Pasar Persaingan tidak Sempurna terbagi lagi menjadi 2 :
a. pasar monopoli
Pasar monopoli adalah struktur pasar yang ditandai dengan adanya produsen tunggal.

b. Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik adalah struktur pasar yang mirip dengan pasar persaingan sempurna, tetapi di pasar monopolistik para produsen menghasilkan atau menjual barang yang berbeda corak serta keunggulan.

c. Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah struktur pasaar yang hanya memiliki jumlah kecil perusahaan memproduksi hampir seluruh output industri dan memiliki keputusan yang saling mempengaruhi.


Kelompok ini membahas studi kasus mengenai koperasi. koperasi di daerah yang sudah berkembang pesat saat ini memang kurang efektif justru tidak berjalan lancar. akan tetapi jika koperasi ini ada di daerah atau pulau - pulau kecil itu sangat efektif dan sangat berguna dan membantu perekonomian masyarakat ditempat tersebut. karena di koperasi tersebut, terdapat banyak barang yang dibutuhkan masyarakat mulai dari bahan pangan,sandang maupun papan. dan di koperasi tersebut tidak hanya menyedeiakan barang - barang tetapi juga masyarakat bisa menabung dan sistem pinjam uang. dan koperasi itu berhasil dijalankan apabila ada rasa kepuasan dari anggotanya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar